Koperasi sekolah adalah sebuah koperasi yang tidak berbadan hukum.di
dalam perekonomian terdapat dua jenis koperasi yaitu koperasi resmi (berbadan
hukum) dan yang berbadan hukum.tujuan di bangun koperasi di dalam suatu
perekonomian yaitu untuk mensejahterakan anggota pada khususnya dan masyarakat
pada umumnya.salah satu contoh koperasi sekolah yaitu koperasi yang berdiri di
sekolah SMA salah satunya koperasi SMA
25 Jakarta tepatnya di JL.AM.Sangaji Jakarta Pusat.
Koperasi SMA 25 merupakan sebuah koperasi yang sangat maju.koperasi ini beranggotakan siswa-siswi yang ingin berpartisipasi menjadi anngota dan sebgian bapak ibu guru yang turut serta membantu dalam menjalankan kegiatan koperasi tersebut.biasanya para siswa lebih memilih belanja di koperasi dibandingkan di kantin sekolah.Karena haga barang-barang yang dijuual dikoperasi jauh lebih murah dibandingkan di kantin sekolah.Barang-barang yang diperjualbellikan di koperasi sekolah saya biasanya berupa bennda-benda sekolah seperti perlengkapan tulis siswa,tas sekolah,sepatu sekolah,pakaian seragam,pakaian olah raga,topi,dasi,buku-buku pelajaran,dan lain-lain.selain itu di koperasi SMA 25 juga menjual berbagai jenis makanan dan minuman mulai dari makanan berat seperti nasi uduk,nasi goreng,dan nasi kuning.dan terdapat juga makanan ringan seperti berbgai aneka rasa roti,lontong isi,gorengan,biskut sampai aneka jenis permen dan coklat.
Di dalam kopersi ini, keuntungan yang didapat dari hasil penjualan dapat dibagikan secara merata kepada seluruh anggotanya, sebagian lagi dapat di gunakan untuk mebeli barang-barag yang akan dijual kembali,dan sisanya dimasukan ke dalam kas yang digunakan jika ada keperluan kegiatan sekolah seperti ekskul,bimbel,dan lain-lain.
koperasi ini selain hanya menjual barang-barang tapi juga sebagai sarana tempat siswa-siswi SMA 25 untuk menabung (tanpa bunga).Di koperasi sekolah saya juga sangat berpartisipasi dalam membantu kegiatan ekstrakulikuler siswa SMA 25.Contohnya pada tahun 2007 awal kopwerasi ini menyumbang dana sebesar empat ratus ribu rupiah dalam membantu kegiatan ekstrakulikuler paskibra di sekolah ini. dan biasanya di setiap tahunnya,kepala sekolah SMA 25 juga ikut memberikan dana untuk membantu koperasi dalam pembangunan koperasi dan dalam menjalankan kegiatanya.
jada kesimpulan dari saya,bahwa koperasi yang didirikan di sekolah yang juga tidak berbadan hukum,sangat menunjang siswa dalam mengetahui ilmu-ilmu ekonomi koperasi yang
relevan,selain itu juga dapat membantu para siswa khususnya siswa jurusan ilmu sosial dalam mempelajari pelajaran ekonomi (ekonomi koperasi).
Koperasi SMA 25 merupakan sebuah koperasi yang sangat maju.koperasi ini beranggotakan siswa-siswi yang ingin berpartisipasi menjadi anngota dan sebgian bapak ibu guru yang turut serta membantu dalam menjalankan kegiatan koperasi tersebut.biasanya para siswa lebih memilih belanja di koperasi dibandingkan di kantin sekolah.Karena haga barang-barang yang dijuual dikoperasi jauh lebih murah dibandingkan di kantin sekolah.Barang-barang yang diperjualbellikan di koperasi sekolah saya biasanya berupa bennda-benda sekolah seperti perlengkapan tulis siswa,tas sekolah,sepatu sekolah,pakaian seragam,pakaian olah raga,topi,dasi,buku-buku pelajaran,dan lain-lain.selain itu di koperasi SMA 25 juga menjual berbagai jenis makanan dan minuman mulai dari makanan berat seperti nasi uduk,nasi goreng,dan nasi kuning.dan terdapat juga makanan ringan seperti berbgai aneka rasa roti,lontong isi,gorengan,biskut sampai aneka jenis permen dan coklat.
Di dalam kopersi ini, keuntungan yang didapat dari hasil penjualan dapat dibagikan secara merata kepada seluruh anggotanya, sebagian lagi dapat di gunakan untuk mebeli barang-barag yang akan dijual kembali,dan sisanya dimasukan ke dalam kas yang digunakan jika ada keperluan kegiatan sekolah seperti ekskul,bimbel,dan lain-lain.
koperasi ini selain hanya menjual barang-barang tapi juga sebagai sarana tempat siswa-siswi SMA 25 untuk menabung (tanpa bunga).Di koperasi sekolah saya juga sangat berpartisipasi dalam membantu kegiatan ekstrakulikuler siswa SMA 25.Contohnya pada tahun 2007 awal kopwerasi ini menyumbang dana sebesar empat ratus ribu rupiah dalam membantu kegiatan ekstrakulikuler paskibra di sekolah ini. dan biasanya di setiap tahunnya,kepala sekolah SMA 25 juga ikut memberikan dana untuk membantu koperasi dalam pembangunan koperasi dan dalam menjalankan kegiatanya.
jada kesimpulan dari saya,bahwa koperasi yang didirikan di sekolah yang juga tidak berbadan hukum,sangat menunjang siswa dalam mengetahui ilmu-ilmu ekonomi koperasi yang
relevan,selain itu juga dapat membantu para siswa khususnya siswa jurusan ilmu sosial dalam mempelajari pelajaran ekonomi (ekonomi koperasi).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar